Dinamika Pendidikan di Indonesia

pendidikan

Sampai saat ini 88,8 persen sekolah di indonesia mulai SD hingga SMA/SMK, belum melewati mutu standar pelayanan minimal. Pada pendidikan dasar hingga kini layanan pendidikan mulai dari guru, bangunan sekolah, fasilitas perpustakaan dan laboratorium, buku-buku pelajaran dan pengayaan, serta buku referensi masih minim. Pada jenjang Sekolah Dasar (SD) baru 3,29% dari 146.904 yang masuk kategori sekolah standar nasional, 51,71% katekori standar minimal dan 44,84% dibawah standar pendidikan minimal. pada jenjang SMP 28,41% dari 34.185, 44,45% berstandar minimal dan 26% tidak memenuhi standar pelayanan minimal. Hal tersebut membuktikan bahwa pendidikan di indonesia tidak terpenuhi sarana prasarananya.

Menurut kami dengan melihat data di atas ternyata pendidikan di Indonesia masih sangat memprihatinkan, ironis bila dengan adanya data semacam itu akan mampu memupuk daya kreativitas dan menfasilitasi bakat maupun minat siswa dalam mengembangkan diri.

Selanjutnya yang perlu di perhatikan adalah adalah Kurikulum Dan Sekolah. Bagi ahli Sosiologi kurikulum adalah lebih dari pada tex-bok,lebih dari pada subjek matter, lebih dari pada rangkaian, dan bahkan lebih dari pada pelajaran khusus. Menurut Brown; kurikulum merupakan situasi kelompok yang tersedia bagi guru dan pengurus sekolah (administrator) untuk membuat tinkah laku yang berubah di dalam arus yang tidak putus-putusnya dari anak-anak dan pemuda yang melalui pintu sekolah.

Rasional        

  1. Pendidikan selalu berkaitan dengan dinamika kehidupan suatu masyarakat dan
  2. Hubungan pendidikan dengan dinamika kehidupan bersifat
  3. Bagaimana dinamika pendidikan di Indonesia?

PerkembanganPendidikan di Indonesia

  1. Pendidikan di era sebelum
  2. Pendidikan di era penjajahan.
  3. Pendidikan di era kemerdekaan hingga tahun 1998.
  4. Pendidikan di era reformasi.

DinamikaPendidikan di Indonesia

  1. Politik : alat perjuangan mewujudkan cita-cita negara dan
  2. Sosial : penguatan pendidikan sebagai bagian dari institusi
  3. Budaya : pembudayaan warga
  4. Agama : membumikan ajaran agama dalam kehidupan umat

Isu – IsuStrategisPendidikan

  1. Pemerataan pendidikan;
  2. Kualitas pendidikan;
  3. Efisiensi, efektif, dan akuntabilitas pendidikan;
  4. Tata kelola

Sumber:

  • H. Abu Ahamadi. 2007. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
  • Ary H. Gunawan. 2010. Sosiologi Pendidikan (suatu analisa sosiologi tentang berbagai problem pendidikan) . Jakarta: Rineka Cipta.
  • http://coffeloverscommunity.blogspot.co.id/2012/06/dinamika-pendidikan-di-indonesia.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 3 = 2